10 Akademi Sepak Bola Terbaik di Dunia

oleh -17 Dilihat

SEBELUM Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar dan para pemain bintang dunia merengkuh trofi bergengsi dan dikenal banyak orang, mereka semua harus memulai dari berbagai akademi sepak bola terbaik di dunia.

Messi merupakan produk akademi milik Barcelona yang terkenal, La Masia, Ronaldo menimba ilmu di Academia Sporting di negara asalnya, Portugal, dan Neymar merupakan lulusan dari akademi Santos, salah satu yang terbaik di Amerika Selatan.

Namun klub mana yang menghasilkan para pemain terbaik melalui akademinya? Ini dia 10 akademi yang dinilai telah menjadi sumber para pemain terbaik dunia selama 30 tahun terakhir.

1. Academia Sporting (Sporting Lisbon)

Selain Ronaldo yang sudah jelas menjadi pemain terbaik yang pernah dihasilkan oleh klub raksasa Portugal ini, mereka juga telah memproduksi sejumlah pemain bintang, yang tak hanya berguna bagi tim nasional negara mereka, melainkan juga untuk negara lainnya, termasuk Inggris melalui Eric Dier.

Lulusan terkenal: Cristiano Ronaldo, Eric Dier, Paito, Houssine Kharja, Luis Figo, Ricardo Quaresma, Rui Patricio.

2. AFC Ajax Youth Academy (Ajax)

Klub asal Amsterdam ini selalu menjadi penghasil utama para pemain bintang untuk tim nasional Belanda. Mereka akan selalu dikaitkan dengan para legenda berkelas, tak hanya Johan Cruyff, melainkan juga para pemain seperti Wesley Sneijder dan Nigel de Jong yang menjadi bintang saat Die Oranje menembus final Piala Dunia tahun 2010 silam.

Kini Ajax memiliki sejumlah lulusan teranyar seperti Matthijs de Ligt dan Frenkie de Jong, yang menjadi bintang dalam kesuksesan mereka menembus semifinal Liga Champions musim 2018/2019 lalu, dan kini berkarier untuk dua klub raksasa Eropa, Juventus dan Barcelona.

Lulusan terkenal: Wesley Sneijder, Edgar Davids, Nigel de Jong, Patrick Kluivert, Edwin van der Saar, Clarence Seedorf, Jan Vertonghen, Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, Jan Vertonghen, Dennis Bergkamp.

3. Bayern Munich Junior Team (Bayern Munich)

Klub yang telah menghasilkan para pemain sekelas Franz Beckenbauer ini menjadi salah satu sumber keberhasilan Jerman menjuarai Piala Dunia tahun 2014 silam, dengan lima pemain dari skuat tersebut telah dilatih melalui akademi mereka.

Lulusan terkenal: Philipp Lahm, Thomas Muller, Mats Hummels, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Emre Can, David Alaba.

4. Carrington (Manchester United)

Angkatan paling terkenal yang lulus dari sistem akademi The Red Devils adalah mereka yang berada dalam Class of ’92, namun mereka juga telah menghasilkan cukup banyak pemain muda lainnya setelah itu, termasuk Paul Pogba.

Lulusan terkenal: Paul Scholes, Ryan Giggs, David Beckham, Gary Neville, Phil Neville, Marcus Rashford, Paul Pogba.

5. La Fabrica (Real Madrid)

Meski tidak sesukses rival abadinya di La Liga, Los Blancos telah memproduksi sejumlah pemain muda melalui akademinya sendiri, dengan nama-nama tersukses yang muncul adalah Raul Gonzalez dan Iker Casillas.

Lulusan terkenal: Iker Casillas, Lucas Vazquez, Dani Carvajal, Marcos Llorente, Raul Gonzalez, Denis Cheryshev, Francisco Pavon, Alvaro Morata, Alvaro Arbeloa.

6. La Masia (Barcelona)

Ini dia yang disebut-sebut sebagai akademi terbaik dunia, didikan La Blaugrana telah menjadi punggawa di tim nasional Spanyol selama bertahun-tahun, plus menghasilan Lionel Messi yang diketahui sebagai salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa.

Lulusan terkenal: Lionel Messi, Xavi, Pep Guardiola, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Carles Puyol, Sergio Busquets, Gerard Pique, Carles Puyol, Jordi Alba.

7. River Plate Academy (River Plate)

Klub asal Buenos Aires ini merupakan penghasil lusinan para pemain top bagi tim nasional Argentina selama bertahun-tahun, bahkan legenda seperti Alfredo Di Stefano dan Omar Sivori.

Lulusan terkenal: Fernando Cavenaghi, Hernan Crespo, Gonzalo Higuain, Radamel Falcao, Javier Mascherano, Erik Lamela, Santiago Solari.

8. Southampton Academy (Southampton)

Ini merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik di tanah Britania, dengan banyak lulusannya yang menjadi bintang di Premier League dan punggawa bagi tim nasional Inggris dan sekitarnya.

Lulusan terkenal: Gareth Bale, Alan Shearer, Adam Lallana, Luke Shaw, Theo Walcott, Alex Oxlade-Chamberlain, Matt Le Tissier, James Ward-Prowse.

9. Santos Academy (Santos)

Nama Santos akan selalu diasosiasikan dengan Pele, sang legenda sepak bola Brasil, namun mereka juga telah menghasilkan banyak bintang dari akademi selama beberapa tahun terakhir, terutama Neymar.

Lulusan terkenal: Neymar, Robinho, Wesley, Andre, Ganso, Felipe Anderson, Gabriel, Rafael Cabral.

10. Olympique Lyonnais Academy (Lyon)

Sang raksasa Ligue 1 telah menghasilkan sejumlah pemain mega bintang dari akademinya, termasuk Samuel Umtiti dan Nabil Fekir, bersama dengan sejumlah penyerang sekelas Alexandre Lacazette dan Anthony Martial.

Lulusan terkenal: Alexandre Lacazette, Anthony Martial, Samuel Umtiti, Karim Benzema, Corentin Tolisso, Anthony Lopes, Hatem Ben Arfa, Nabil Fekir. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *