2 Fakta Unik Timnas Indonesia yang Tidak Bisa Ditemukan di Negara Lain

oleh -11 Dilihat

Soccernesia.com -Wow 2 Fakta Unik Timnas Indonesia yang Tidak Bisa Ditemukan di Negara Lain

Berita Baru, Sepak Bola – Timnas Indonesia sebenarnya memiliki iklim sepakbola yang bagus. Salah satu buktinya, setiap klub memiliki basis pendukung yang besar. Mereka solid dan kompak.

Namun, jika basis suporter diimbangi dengan manajemen klub dan liga yang baik, maka jalur untuk menyamai atau bahkan bersaing dengan liga-liga papan atas di Eropa bisa terwujud.

Pun dengan timnas yang setiap pertandingannya selalu dipadati suporter.

Meski banyak yang mengatakan saat ini kualitas sepakbola masih kalah bersaing dengan negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, atau Thailand, siapa sangka timnas Indonesia tercatat pernah bermain di Piala Dunia.

Hal ini tercatat pada Piala Dunia 1938, dimana tim nasional Indonesia saat itu masih menggunakan nama Hindia Belanda. Torehan tersebut merupakan rekor berkelas bagi timnas Indonesia sepanjang sejarah sepak bola Indonesia.

2 Fakta Unik Tentang Timnas Indonesia

Berita Terkait :
Sengketa Perdagangan Jepang-Korea Selatan Ancam Stabilitas Ekonomi Global

1. Negara Paling Sedikit Berkompetisi di Piala Dunia

Dilansir dari situs FIFA, Timnas Indonesia pertama kali tampil di Piala Dunia 1938. Seperti yang sudah disebutkan, tim nasional masih menggunakan nama Hindia Belanda.

Secara historis, Hindia Belanda lolos ke Piala Dunia 1938 menggantikan Jepang. Saat itu, Asia hanya mendapat satu tiket. Jepang, yang lolos ke Piala Dunia 1938, mengumumkan pengunduran dirinya.

Akibatnya, Hindia Belanda menggantikan Jepang. Namun sayang, Hindia Belanda tidak bisa bertahan lama. Mereka langsung tersingkir setelah kalah dari timnas Hungaria di laga pertama, pada 5 Juni 1938.

Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938 (khusus)
Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938 (khusus)

Hindia Belanda kalah 0-6 dari Hongaria. Rekor ini membuat timnas Indonesia menjadi satu-satunya negara yang paling sedikit berlaga di Piala Dunia. Karena format Piala Dunia saat ini telah berubah. Setidaknya satu tim telah bermain 3 kali di babak penyisihan grup.

2. Satu-satunya wakil Asia Tenggara di Piala Dunia

Meski menelan kekalahan di laga pertama, Indonesia tercatat sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara yang pernah tampil di Piala Dunia. Melainkan, pencapaian ini jelas mengalahkan negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Singapura yang belum pernah menjajal Piala Dunia hingga saat ini.

Sosialisme dari Utopia ke Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *