oleh

7 Besar, Klub Sepak Bola dengan Fanbase Terbanyak di Dunia

KEBERADAAN BASIS fans bagi sebuah klub sepak bola sangatlah penting. Apalagi bagi klub-klub Eropa yang kerap mengadakan tour ke negara-negara bahkan benua lainnya, memiliki basis fans di negara lain bisa menjadi sebuah keuntungan.

Bukan hanya dalam bentuk moral yang berupa dukungan, keberadaan basis fans juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi sebuah klub. Sebut saja dalam hal penjualan merchandise klub seperti topi, gelang, syaljersey hingga dipastikan terjualnya tiket pertandingan. Lebih dari itu, banyaknya jumlah basis fans bisa menjadi indikasi besarnya sebuah klub.

Pastinya kamu pun penasaran kira-kira klub mana yang memiliki basis fans terbanyak di dunia. Apalagi ada banyak klub-klub di Eropa yang terbilang besar dan tersohor. Nah, berikut ini adalah 7 klub sepak bola dengan basis fans terbanyak di dunia.

7. Liverpool (85 Juta Fans).

Di tahun 2016, berbagai media sosial Liverpool tercatat memiliki jumlah pengikut yang besar. Mulai dari Twitter dengan 7 juta pengikut, Instagram dengan 3,9 juta pengikut dan Facebook dengan 29 juta pengikut. Total ada 39,9 juta pengikut di media sosial.

Selain itu, sepanjang 2016 tercatat telah terjual 805ribu jersey Liverpool di seluruh dunia. Bukti lain banyaknya jumlah fans Liverpool yang tersebar di dunia adalah saat tur pra-musim 2014. Saat itu lebih dari 200 ribu orang hadir di stadion.

Apa kamu termasuk fans klub yang sudah 5 kali juara Liga Champion ini?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed