Anggota TGIPF Ungkap Penyebab Penghapusan Rekaman CCTV Kanjuruhan

oleh -9 Dilihat

Soccernesia.com -Mantap Anggota TGIPF Ungkap Penyebab Penghapusan Rekaman CCTV Kanjuruhan

Miskin

Teka-teki rekaman CCTV Stadion Kanjuruhan yang dihapus telah terjawab. Tim Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) menyatakan penyebabnya karena jaringan internet sedang bermasalah.

Anggota TGIPF Tragedi Kanjuruhan dari Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Irjen Armed Wijaya, mengungkapkan hal itu saat mengunjungi rumah keluarga korban yang membatalkan permintaan otopsi.

Ia mengatakan, rekaman CCTV yang diduga terhapus selama kurang lebih 3 jam itu karena gangguan internet. Jawaban tersebut diterima TGIPF baik dari penyidik ​​maupun tim laboratorium.

“Jadi untuk saat ini tentang penghapusan. Menurut informasi sementara dari penyidik ​​dan tim laboratorium, itu karena internet, gangguan internet seperti itu,” kata Wijaya kepada wartawan, Kamis (20/10/2022).

Setelah mendengar penjelasan terkait dugaan hilangnya rekaman CCTV Stadion Kanjuruhan selama 3 jam, TGIPF meminta Kepolisian memberikan jawaban tertulis terkait penyebab dihapusnya rekaman CCTV tersebut.

“Kami akan minta jawaban tertulis dari polisi. Kalau memang dari internet (gangguan) harus dijawab secara tertulis dan tindak lanjut dari TGIPF seperti apa? Ya harus resmi,” dia berkata.

Wijaya mengakui TGIPF juga memiliki rekaman CCTV Stadion Kanjuruhan yang sama dengan yang dipegang polisi. Memang, ada beberapa durasi rekaman yang dihapus.

“CCTV lengkap kita pegang sama dengan yang dimiliki penyidik. Ada beberapa durasi yang mati kurang lebih 3 jam, jadi kita ajukan pertanyaan,” ujarnya.

Selain itu, Armed mengaku pihaknya merekam adegan rekonstruksi yang digelar di Mapolrestabes Jatim, kemarin (19/10). Apalagi soal tembakan gas air mata yang mengarah ke tribun penonton. Karena, dalam rekonstruksi kemarin, adegan itu tidak ada.

“Di CCTV itu ada gas air mata yang ditembakkan di tribun, tapi dari hasil rekonstruksi tidak ada. Sekarang, kita akan cek ulang kebenarannya. Tapi apapun hasilnya, tidak mengurangi pasal yang dituduhkan kepada tersangka. mengenai kelalaian tersebut,” ujarnya.

Tonton video”Polisi Sebut 6 Pintu Stadion Kanjuruhan Bukan Ditutup, Tapi Sempit
[Gambas:Video 20detik]
(hai/td)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *