Bola ‘Hand of God’ Maradona akan dilelang minggu depan

oleh -5 Dilihat

Soccernesia.com – Bola ‘Hand of God’ Maradona akan dilelang minggu depan

Jakarta

Bola yang digunakan mendiang Diego Maradona untuk mencetak ‘Gol Tangan Tuhan’ di Piala Dunia 1986 akan dilelang. Sebagian dari hasil penjualan akan disumbangkan untuk amal.

Saat ini, bola Adidas Azteca dimiliki oleh Ali Bin Nasser, wasit asal Tunisia yang memimpin duel perempat final antara Argentina vs Inggris pada 22 Juni 1986 di Estadio Azteca, Mexico City. Selain ‘Goal of the Hand of God’, dalam pertandingan itu Maradona juga menciptakan ‘Goal of the Century’ melawan Peter Shilton.

Namun Ali memutuskan untuk menjualnya pada lelang yang akan digelar pada 16 November di London, empat hari sebelum Piala Dunia 2022 dimulai. Harganya diperkirakan antara 2,5-3 juta Pounds atau sekitar 44,8-53,7 miliar Rupiah.

“Bola adalah bagian dari sejarah sepak bola dan inilah saatnya untuk membaginya dengan seluruh dunia,” kata Ali, yang kini berusia 78 tahun, kepada BBC.

“Saya adalah wasit dari 1966 hingga 1991 dan wasit internasional dari 1975 hingga 1991. Karier saya telah berbicara dengan sendirinya dan saya tidak banyak bicara tentang itu.”

“Uang (dari penjualan) untuk menghormati karir saya, dengan uang itu saya ingin memastikan keluarga saya sejahtera dan saya akan melakukan banyak pekerjaan amal.”

“Itu adalah hadiah dari Tuhan untuk saya setelah bertahun-tahun menjadi wasit,” jelas Ali, yang dianggap Maradona sebagai ‘teman abadinya’.

Selain bola, memorabilia lain yang akan dilelang adalah seragam wasit yang dikenakan Ali pada pertandingan tersebut dan kaus timnas Argentina yang ditandatangani Maradona dan diberikan kepada Ali saat berkunjung ke Tunisia pada 2015.

Mei lalu, jersey yang dikenakan Maradona pada laga perempat final itu terjual seharga 7,1 juta Poundsterling atau sekitar Rp 127,2 miliar, sekaligus menjadi rekor dalam lelang memorabilia olahraga.

(adp/yna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *