Erick Thohir Bicara Tragedi Kanjuruhan: Tinta Hitam Akan Direkam Seumur Hidup

oleh -8 Dilihat

Soccernesia.com – Erick Thohir Bicara Tragedi Kanjuruhan: Tinta Hitam Akan Direkam Seumur Hidup

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap Piala Dunia tidak hanya menjadi tontonan, tetapi cerminan sepak bola Indonesia ke depan. Erick mengatakan, transformasi sepak bola Indonesia perlu dilakukan secara menyeluruh.

Transformasi, kata dia, harus melibatkan federasi, aparat keamanan, dan pendukungnya. “Indonesia tidak perlu malu untuk belajar dari negara lain dalam meningkatkan kualitas sepakbola,” kata Erick dalam keterangan tertulis, dikutip Tempo, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Mantan bos Inter Milan itu mencontohkan Jepang yang sudah lama berkomitmen dan konsisten menerapkan regulasi untuk mendukung ekosistem sepakbola yang sehat. “Artinya kita juga harus bisa, tapi ini bukan kerja satu dua tahun, ini kerja 20 tahun,” kata Erick.

Baca juga: Tragedi Stadion Kanjuruhan, Komnas HAM Panggil Ketua PSSI dan Direktur Program SCM

Erick mengatakan, ketika Jepang ingin timnasnya maju, mereka sudah mempersiapkannya sejak 20 tahun lalu. Mulai dari liga yang sehat, dimulai dari tim junior, itulah yang harus kami lakukan, kata Erick.

Erick juga mengomentari tragedi Stadion Kanjuruhan pada Sabtu, 1 Oktober. Tragedi yang menewaskan para suporter itu, kata dia, harus menjadi titik balik bagi kemajuan sepak bola Indonesia ke depan.

Ia mengatakan, 134 korban tewas akibat peristiwa tersebut akan menjadi sesuatu yang tidak akan pernah terlupakan dalam sejarah sepak bola Indonesia dan dunia. Masa berkabung akibat meninggalnya ratusan orang, kata Erick, bukanlah masa berkabung yang singkat.

Lebih dari itu, tragedi Kanjuruhan menjadi rapor merah sepakbola Indonesia. Menurut Erick, tragedi ini adalah tinta hitam yang akan terekam seumur hidup. “Tinta hitam akan terekam selama kita hidup, jadi tidak bisa dilupakan begitu saja karena ada peristiwa besar seperti Piala Dunia,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Kanjuruhan, Komnas HAM Periksa PT Liga Indonesia Baru

Ikuti berita terbaru dari Tempo di Google News, klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *