Football Institute Ungkap Hasil Survei, Erick Thohir Kompeten Pimpin PSSI

oleh -15 Dilihat

Soccernesia.com -Mantap Football Institute Ungkap Hasil Survei, Erick Thohir Kompeten Pimpin PSSI

Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

soccernesia.com, JAKARTA – The Football Institute mengungkapkan hasil survei terkait persepsi suporter sepak bola nasional terhadap situasi sepak bola nasional saat ini di Kopi Lobi, Senopati, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Selain soal kinerja PSSI semasa Mochamad Iriawan menjabat, Football Institute juga memberikan tiga ciri calon Ketua Umum yang berkompeten memimpin PSSI pada periode berikutnya.

Seperti diketahui, PSSI sendiri telah mengumumkan percepatan Kongres Luar Biasa (KLB) yang agendanya memilih anggota Exco dan Ketua Umum baru. Kemungkinan KLB akan digelar pada Maret 2023.

Pendiri Institut Sepak Bola, Budi Setiawan, mengatakan setidaknya ada tiga nama yang akan berkompeten ke depan untuk menjadi pemimpin PSSI. Ketiga nama tersebut adalah Erick Thohir, Hary Tanoesoedibjo dan Achsanul Kosasih.

“Meski tidak pernah aktif secara langsung di PSSI, siapa yang tidak mengenal Erick Thohir, dia melarang Indonesia melalui klub Inter Milan, kemudian bersama Bakrie dia membeli klub Oxford United di Inggris. Dia menjadi duta Indonesia untuk mempopulerkan sepakbola di luar negeri. Apalagi kalau di pengurus IOC kenal langsung dengan Presiden Gianni,” kata Budi soal sosok Erick Thohir.

“Inilah yang menurut saya menjadi modal besar bagi Erick Thohir untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum (PSSI) karena siapapun ketua umum harus mengenal langsung Presiden FIFA tanpa perantara,” lanjutnya.

Sedangkan menurut Budi, dua tokoh lainnya, yakni Hary Tanoe dan Achsanul Kosasih, juga bisa menjadi tokoh yang tepat.

Pengalaman kedua tokoh ini dalam membangun sepak bola Indonesia baik di asosiasi maupun klub menjadi salah satu perhitungannya.

“Kedua, Harry Tanoe. Sudah dua kali menjabat Ketua Umum Persatuan Futsal selama dua periode dan banyak prestasi futsal yang diraihnya di bawah kepemimpinannya menjadi rekor tersendiri bagi Hary Tanoe,” kata Budi.

“Ketiga, Achsanul Kosasih sudah lama bukan orang baru di sepak bola Indonesia. Dia memimpin Madura United dari 0 hingga sekarang dengan auto pilot. Jadi dari segi pengalaman, jam terbang, kemampuan, tidak diragukan lagi bagaimana dia bisa diterima atau tidak di teman-temannya sendiri,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *