Indonesia Miliki 16 Stadion Berstandar FIFA dan Layak Gelar Pertandingan Internasional

oleh -12 Dilihat

SEBANYAK 16 stadion di Indonesia yang berstandar FIFA dan layak gelar pertandingan Internasional akan diulas pada artikel ini. Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari di Indonesia bahkan di dunia.

Stadion pun dibuat untuk menjadi venue para pesepakbola berdansa di atas lapangan. Namun, tidak semua stadion yang memenuhi standar dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

FIFA sendiri memiliki 11 standar yang membuat stadion tersebut layak menggelar pertandingan internasional yakni:

  • Pintu masuk dan keluar harus bisa dibuka dan ditutup dengan mudah untuk memudahkan akses massuk penonton.
  • Pintu masuk dan keluar stadion wajib dirancang dengan memerhatikan aspek kemudahan setiap penonton bergerak.
  • Pintu stadion wajib didesain yang tahan tekanan banyak orang.
  • Pintu stadion wajib memiliki kunci tahan api.
  • Area di sekitar stadion wajib diberikan batas, seperti pagar dan tembok dengan tinggi minimal 2,5 meter.
  • Setiap stadion wajib menyediakan pintu keluar darurat.
  • Setiap stadion internasional dan berstandar FIFA harus memilki akses yang mudah dan dilengkapi dengan jaringan transportasi.
  • Wajib menyediakan petunjuk arah yang jelas.
  • Ruang ganti pemain atau locker room wajib dilengkapi dengan shower area dan toilet.
  • Wajib memiliki lighting dengan standar minimal 2.400 lux.
  • Wajib memiliki fasilitas media center.

Lantas Stadion di Indonesia mana saja yang sudah berstandar FIFA dan layak untuk menggelar pertandingan Internasional? Ini daftarnya :

16. Stadion Wibawa Mukti

Stadion yang berada tak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi ini, mulai dibangun pada 2012 silam dan dibuka sejak tahun 2014. Di tahun 2018 untuk persiapan Asian Games 2018, stadion ini direnovasi.

Memiliki 10 pintu keluar dengan kapsitas tempat duduk 25.395 kursi, stadion ini tentunya pantas dijadikan tempat dilangsungkannya pertandingan internasional.

15. Stadion Batakan

Stadion Batakan berada di Jalan Mulawarman, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Manggar, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Stadion yang selesai dibangun pada tahun 2017 ini menghabiskan biaya konstruksi sebesar Rp 1,2 triliun. Bangku penonton di Stadion Batakan memiliki kapasitas 42.000 orang.

Stadion Batakan menjadi salah satu stadion termegah di Indonesia dan bertaraf internasional. Desain Stadion Batakan mirip seperti Stadion Emirates milik klub Arsenal, London, Inggris.

14. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api merupakan salah satu stadion yang memenuhi standar FIFA. Markas Persib Bandung ini memenuhi syarat FIFA dalam penggunaan rumput di lapangan.

Rumput yang digunakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api merupakan tipe rumput berjenis Zoycia Matrella (Linn) Merr. Rumput tersebut adalah rumput tipe kelas satu standar FIFA. Stadion ini berkapasitas 38.000 penonton.

13. Stadion Utama Palaran

Selanjutnya, terdapat stadion yang dibangun pada 2005 silam yakni Stadion Ulama Palaran. Stadion ini terletak di Samarinda, Kalimantan Timur.

Bekas markas Persisam Samarinda itu memiliki daya tampung yang mencapai 55.000 sampai 60.000 penonton. Selain itu, stadion ini juga pernah menjadi venue untuk ajang pertandingan 8 besar divisi utama Liga Indonesia.

12. Stadion Aji Imbut

Stadion Aji Imbut merupakan markas kebanggan Mitra Kukar yang memiliki daya tampung sebanyak 35.000 orang. Stadion ini memiliki fasilitas yang memadai sehingga menjadi salah satu stadion bertaraf internasional. Stadion yang terletak di Tenggarong, Kutai Kartanegara ini juga memiliki konsep ala negara di Timur Tengah.

11. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat menjadi salah satu stadion di Indonesia yang dinilai memenuhi standar FIFA. Bekas markas Persib Bandung ini telah direnovasi untuk dipersiapkan Indonesia jelang Piala Dunia U-20 2023.

Stadion Si Jalak Harupat memiliki kapasitas 25.000 penonton. Berbagai macam fasilitas di dalam stadion pun telah diperbaiki agar memenuhi standar FIFA untuk menjadi venue di Piala Dunia U-20 2023.

10. Stadion Utama Riau

Stadion yang dibangun pada 2009 ini memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 44.000 penonton. Stadion ini berada di kawasan Universitas Riau.

Selain itu, Stadion Utama Riau juga pernah menjadi venue pembukaan PON (Pekan Olahraga Nasional) VIII dan Kualifikasi Piala Asia.

9. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo merupakan markas dari Persebaya Surabaya yang memiliki kapasitas mencapai 55.000 sampai 60.000 penonton. Karena megahnya stadion yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini, lampu yang digunakan untuk menerangi stadion Gelora Bung Tomo sebesar 1600 lux.

Dengan kapasitas lampu sebesar itu, maka tak heran meski ditonton pada malam hari stadion ini tetap menghasilkan cahaya yang nyaman. Selain itu, jenis rumput yang digunakan untuk lapangan di stadion ini juga bertipe Zoycia Matrella.

8. Stadion Manahan

Stadion Manahan juga termasuk ke dalam daftar stadion berstandar FIFA di Indonesia. Stadion yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah ini telah menjalani berbagai macam perawatan sesuai ketentuan dari FIFA.

Salah satunya ialah rumput. Rumput di stadion yang berkapasitas 20.000 penonton inii sekarang dinilai sudah sesuai dengan standar FIFA yakni dua sentimeter. Perbaikan rumput itu dilakukan lantaran Stadion Manahan menjadi salah satu venue di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

7. Stadion Maguwoharjo

Selanjutnya, stadion yang merupakan markas kebanggan PSS Sleman. Ya, Stadion Maguwoharjo.

Stadion Maguwoharjo berlokasi di Sleman, Jogjakarta dan telah memenuhi standar FIFA. Hal tersebut dikarenakan rumput yang digunakan di lapangan ini adalah rumput yang baik dan masuk ke dalam kategori A FIFA.

Selain rumput di lapangan, stadion berkapasitas 31.700 penonton ini juga memiliki fasilitas yang lengkap dan berstandar Internasional.

6. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya menjadi salah satu stadion Indonesia yang berstandar FIFA. Stadion yang menjadi markas Sriwijaya FC kerap kali dikenal sebagai Stadion Jakabaring Palembang.

Stadion yang berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan ini merupakan salah satu stadion terbaik yang bertaraf internasional. Pada 2018, Stadion berkapasitas 23.000 penonton ini menjadi salah satu venue gelaran Piala AFF.

5. Stadion Patriot

Stadion Patriot dibangun pada 1980 silam. Berletak di Bekasi, stadion ini memiliki kapasitas 30.000 penonton.

Stadion ini juga telah direnovasi pada 2012. Selain itu, Stadion Patriot juga sempat digunakan sebagai markas klub Persija Jakarta dan Persipasi Bekasi.

4. Stadion Pakansari

Stadion Pakansari tentu masuk ke dalam daftar stadion yang berstandar FIFA. Stadion yang terletak di Bogor ini kerap kali menjadi venue Timnas Indonesia berlaga.

Stadion ini memiliki kapasitas sebanyak 31.000 kursi penonton. Bahkan, stadion bertaraf internasional ini pernah menjadi markas dari Persikabo Bogor dan PS TIRA/PS TNI.

3. Stadion I Wayan Dipta

Berikutnya adalah Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Stadion yang menjadi markas dari Bali United ini merupakan salah satu dari 14 stadion di Indonesia yang berstandar FIFA.

Stadion I Wayan Dipta yang memiliki kapasitas 18.000 penonton ini juga memiliki fasilitas yang sesuai dengan standar yang diberikan FIFA. Oleh sebab itu, stadion ini tengah disiapkan pemerintah untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

2. Jakarta International Stadium

Tak afdol jika stadion satu ini tidak masuk ke dalam daftar 14 stadion berstandar FIFA di Indonesia. Meski sempat disebut tidak lolos verifikasi, nyatanya fasilitas di stadion ini memenuhi standar yang ditetapkan FIFA.

Jakarta International Stadium yang mempunyai kapasitas 82.000 penonton ini juga memiliki rumput stadion yang berstandar FIFA. Tidak hanya rumput, bahkan stadion satu ini juga disebut layaknya stadion di Eropa.

1. Stadion Gelora Bung Karno

Terakhir, Stadion Gelora Bung Karno. Salah satu stadion termegah di Indonesia ini sudah memenuhi standar FIFA bahkan masuk ke stadion internasional.

Tidak hanya stadionnya saja, komplek olahraga yang berada di dalam stadion yang kini memiliki kapasitas 77.000 penonton ini pun juga masuk ke taraf internasional. Oleh sebab itu, tak salah jika stadion Gelora Bung Karno menjadi venue final Piala Dunia U-20 2023 mendatang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *