Iwan Bule : Kelanjutan Liga 1 Tergantung Pemerintah

oleh -33 Dilihat

JAKARTA, Soccernesia – Terkait keberlanjutan kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 musim 2022-2023, sampai saat ini masih belum jelas. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan sampai saat ini masih menunggu koordinasi dengan pemerintah.

Sosok yang akrab disapa Iwan Bule ini menyampaikan rencananya PSSI akan bertemu dengan operator Liga 1 atau PT Liga Indonesia Baru (LIB) ihwal keberlangsung liga.

“Kita tunggu nanti perkembangan koordinasi dengan pemerintah. Karena yang mengizinkan pemerintah,” kata Iriawan kepada wartawan di acara FIFA Football for School di Lapangan Rugby, kawasan Gelora Bung Karno, Jumat (28/10).

“Tapi opsi-opsi akan dipaparkan oleh PT LIB nanti malam di tempat kami,” ujar dia.

Kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 dihentikan sementara sebagai dampak dari tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan meninggalnya ratusan orang. Kericuhan terjadi setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Sebelumnya, pemerintah telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF Kanjuruhan. Dalam rekomendasi yang dikeluarkan, pemerintah tidak memberikan izin kompetisi liga sebelum ada perubahan dan kesiapan yang disignifikan oleh PSSI dalam mengelola dan menjalankan kompetisi sepak bola di Indonesia.

Awalnya, federasi sepak bola Indonesia atau PSSI memutuskan menghentikan kompetisi Liga 1 hanya dua pekan setelah terjadinya tragedi tersebut. Kemudian PSSI sempat mengeluarkan pernyataan jika Liga 1 akan kembali bergulir pada 25 November 2022.

Di sisi lain, PSSI bersama pemerintah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia. Satgas ini terdiri dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Polri. Kehadiran Satgas tersebut mendapat dukungan dari FIFA dan AFC.

“Satgas atau Tim Gugus Tugas ini dibentuk untuk transformasi sepak bola Indonesia seperti yang diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). PSSI bekerja bersama pemerintah untuk memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia dan memastikan tragedi di Kanjuruhan tidak terjadi lagi,” kata Iriawan dikutip dari laman PSSI.

Satgas tersebut sudah melakukan rapat pada Jumat, 18 Oktober 2022. Rencananya rapat kedua akan dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2022. (*/tpo)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *