Klub Menyesalkan Rekomendasi Komnas HAM untuk Membekukan Sementara Pertandingan Sepak Bola

oleh -16 Dilihat

Soccernesia.com -Wow Klub Menyesalkan Rekomendasi Komnas HAM untuk Membekukan Sementara Pertandingan Sepak Bola

soccernesia.com | JAKARTA – Sejumlah klub menyayangkan rekomendasi Komnas HAM terkait penghentian sementara seluruh pertandingan sepak bola akibat penyelidikan Tragedi Kanjuruhan.

Klub-klub tersebut, antara lain Madura United dan Persib Bandung, menilai Komnas HAM tidak merangkul aspek sepakbola dalam merekomendasikan penangguhan sepakbola dari hasil penyelidikan Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari seratus orang pada awal Oktober lalu.

“Dia tidak melihat dari perspektif bagaimana sepak bola bisa segera bergulir kembali. Dia tidak memiliki pertimbangan itu sama sekali,” kata Presiden Madura United Achsanul Qosasi, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Komnas HAM: Kasus Tragedi Kanjuruhan Belum Cukup Tetapkan Enam Tersangka

Menurut dia, perspektif Komnas HAM dalam hasil investigasinya lebih menekankan pada isu HAM, namun tidak melihat unsur sepakbola sama sekali.

Padahal, kata dia, seharusnya Komnas HAM lebih banyak merekomendasikan soal jaminan agar HAM bisa diakomodasi dalam sepak bola, bahkan tidak merekomendasikan kompetisi atau sepak bola.

Jadi, lanjut Achsanul, jika Komnas HAM masuk ke ranah sepak bola, itu langkah yang terlalu jauh.

Baca Juga: 45 Tembakan Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan Temuan Komnas HAM, Polisi Hanya Mengakui 11 Kali

“Komnas HAM harus merekomendasikan, misalnya, untuk keselamatan penonton, dalam mengadakan pertandingan sepak bola harus memperhatikan waktu siaran atau instrumen lainnya. Bukan sepak bola,” kata Achsanul.

“Dalam hal ini bisa dikatakan Komnas HAM agak offside,” tambah Achsanul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *