Komisi X Menyesalkan Sikap Tidak Bersalah PSSI

oleh -11 Dilihat

Soccernesia.com – Berita Terbaru Seputar Sepakbola Nasional Komisi X Menyesalkan Sikap Tidak Bersalah PSSI

Kejadian di Stadion Kanjuruhan adalah tragedi kemanusiaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda mengatakan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) harus menjadi salah satu pihak yang bertanggung jawab atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. . Karena itu, ia menyayangkan sikap PSSI yang dinilai tidak bersalah atas tragedi tersebut.

“Saya menangkap PSSI tidak merasa bersalah, padahal Panpel dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) adalah bagian dari tubuh mereka sendiri. PSSI yang mengatur dan merencanakan,” kata Huda dalam keterangannya, Minggu (9/10).

Ia menegaskan, kejadian di Stadion Kanjuruhan merupakan tragedi kemanusiaan. Jadi, tidak tepat jika PSSI hanya memikirkan ada atau tidaknya sanksi bagi Indonesia.

Karena itu, ia meminta PSSI memperbaiki tata kelola sepakbola di Indonesia. Menurutnya, tragedi di Stadion Kanjuruhan merupakan cambuk, yang perlu diperbaiki oleh sepak bola Indonesia.

“Harus ada perubahan sistemik untuk masa depan manajemen sepakbola kita. Ini adalah tragedi terburuk abad 21 dalam konteks sepakbola. Kejadian ini harus menginspirasi perubahan total dalam tata kelola sepakbola Indonesia,” kata Huda.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah dan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Dalam proses pembentukan tim transformasi sepakbola Indonesia, FIFA akan berkantor di Indonesia.

Hal itu menjadi salah satu poin dalam surat yang dikirimkan FIFA kepada Jokowi sebagai tindak lanjut percakapan telepon Jokowi dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, pada 3 Oktober 2022.

“FIFA bersama pemerintah akan membentuk tim transformasi untuk sepak bola Indonesia dan FIFA akan berbasis di Indonesia selama proses tersebut,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Selain itu, surat tersebut juga menyatakan bahwa sepak bola Indonesia tidak mendapat sanksi dari FIFA pasca tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada 1 Oktober 2022. kata Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *