Komnas HAM merekomendasikan PSSI untuk menghentikan semua pertandingan sepak bola

oleh -31 Dilihat

Soccernesia.com -amazing Komnas HAM merekomendasikan PSSI untuk menghentikan semua pertandingan sepak bola

Merdeka.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) merekomendasikan PSSI untuk membekukan semua kegiatan pertandingan sepak bola. Ini setelah ratusan orang tewas dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Miskin.

“Membekukan semua aktivitas kompetisi sepak bola sampai ada standarisasi substantif seluruh komisioner pertandingan seperti petugas dan perlengkapan pertandingan lainnya sesuai aturan yang dikeluarkan FIFA, AFC dan PSSI,” kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam dalam rekomendasinya yang disampaikan dalam konferensi pers, Rabu (2/ 11).

Ia mengatakan, rekomendasi itu diambil untuk menjamin kompetisi bisa berjalan dengan aman.

2 dari 3 halaman

Sementara itu, dalam rekomendasi lainnya, kata Anam, PSSI perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap status, aturan keamanan, keselamatan, kode disiplin dan berbagai kesepakatan kerja sama antar pihak.

“Termasuk keterlibatan aparat keamanan, jadi evaluasi semuanya,” jelasnya.

Rekomendasi selanjutnya, PSSI harus bekerjasama dengan klub-klub untuk melakukan upaya pembinaan suporter sepakbola sesuai standar HAM yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan, sportivitas, toleransi, pencegahan ujaran kebencian dan penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia.

Bertanggung jawab secara institusional dengan menghormati dan mematuhi proses hukum yang sedang berjalan serta mengambil langkah-langkah pemulihan bagi keluarga korban dan pihak-pihak yang terkena dampak peristiwa kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, terang Anam.

3 dari 3 halaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *