Liga Singapura Implementasikan Var, Liga 1 Indonesia Kapan Dimulai?

oleh -32 Dilihat

Soccernesia.com – Liga Singapura Implementasikan Var, Liga 1 Indonesia Kapan Dimulai?

PotensiBadung.com – Liga Singapura telah mengonfirmasi akan menerapkan VAR pada kompetisi musim depan (2023). Sementara itu, Liga 1 Indonesia masih jauh, menurut salah satu pakar sepak bola Indonesia, Bung Yuke.

Yusuf Kurniawan yang bernama asli Bung Yuke menjelaskan Liga 1 Indonesia memiliki banyak faktor yang menyebabkan masih jauhnya penerapan teknologi VAR.

Dalam Youtube Jebreet TV episode 178 tanggal 21 Oktober 2022, Bung Yuke menjelaskan penyebab pertama adalah Sumber Daya Manusia (SDM), Stadion kedua dan tiga syarat. Yuke menambahkan, Indonesia masih belum mencukupi untuk itu dan belum pantas membandingkannya dengan liga asing.

Dalam acara yang sama, salah satu pakar sepak bola Indonesia, Eko Noer Kristiyanto, mengatakan faktor lain adalah mentalitas para pemain. Pemain sepak bola Indonesia masih sulit menerima keputusan wasit dan sering mengeluhkan hal-hal yang tidak penting.

Baca Juga: BANGUN! Sosok terpenting Persib Bandung hengkang dari Ciro Alves cs karena ini, Luizinho Passos mengambil alih

Bung Eko menambahkan, pemain Indonesia tidak seperti pemain Eropa yang mudah menghormati keputusan wasit dan tidak selalu meminta VAR.

Teknologi VAR pertama kali digunakan pada 2012 di Liga Belanda dan resmi digunakan FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Selama ini penggunaan VAR berhasil karena mampu meminimalisir kesalahan wasit.

Dari segi peringkat liga untuk zona Asia Tenggara, Liga Singapura atau Singapore Premier League berada satu tingkat di atas Liga Indonesia 1. Liga Singapura berada di urutan keenam sedangkan Liga 1 Indonesia berada di urutan ketujuh. Liga Indonesia masih di bawah Liga Malaysia dan Liga Vietnam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *