Momen Saat Pele Melawan Timnas Indonesia Tahun 1972…

oleh -14 Dilihat

Soccernesia.com – Momen Saat Pele Melawan Timnas Indonesia Tahun 1972…

KOMPAS.com – Dunia mengenal Edson Arantes do Nascimento alias Pele sebagai raja sepakbola. Sejumlah prestasi menorehkan prestasi yang ditorehkan legenda Brasil itu selama berkarier di lapangan hijau.

Saat pria yang meninggal dunia pada 29 Desember di usia 82 tahun itu, publik sepak bola di seluruh dunia berduka, termasuk di Indonesia.

Sejumlah pesepakbola dan masyarakat Tanah Air menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Pele di media sosial. Berita tentang Pele tiba-tiba memenuhi dunia maya.

Momen ketika Pele menginjakkan kaki di Indonesia pada 1972 kembali diperbincangkan.

Saat itu, Pele yang memperkuat tim Santos melakoni laga melawan timnas Indonesia yang diisi pemain seperti Iswadi Idris hingga Ronny Pasla.

Baca juga: Piala Dunia 1958 Menjadi Saksi Munculnya Legenda Sepak Bola Bernama Pele

Sebelum pertandingan berlangsung, publik sepakbola sudah heboh dengan kabar Pele akan datang ke Indonesia.

Mereka tak sabar untuk menyaksikan pemain terbaik dunia itu bermain di Stadion Bungkarno yang kala itu bernama Stadion Utama Gelora Senayan.

dilaporkan Harian Kompas Edisi 17 Juni 1972, untuk mendatangkan Santos dan Pele ke Indonesia, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) harus merogoh kocek sebesar 40.000 dollar AS.

Selain itu, PSSI juga harus mengeluarkan 5.000 dolar AS untuk biaya tiket perjalanan dari Brasil ke Indonesia. Dalam kontrak disepakati jika Santos bermain tanpa Pele kesepakatan akan batal.

Sesampainya di Indonesia, Santos meminta PSSI memberikan perhatian khusus kepada Pele. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya, sebelumnya saat berada di Tokyo, Jepang, Pele diserang oleh fans wanita di hotelnya.

Untuk menyaksikan pertandingan antara Santos dan Indonesia, penonton harus mengeluarkan banyak uang saat itu. Tiket VIP dijual Rp 5.000, kelas I Rp 4.000, Kelas III Rp 1.500, tiket termurah Rp 400.

Baca juga: Deretan Rekor Pele, Legenda Sepak Bola yang Meninggal Hari Ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *