Pelatih Persija Jakarta Berharap Liga 1 Kembali Dengan Penonton

oleh -16 Dilihat

Soccernesia.com -Mantap Pelatih Persija Jakarta Berharap Liga 1 Kembali Dengan Penonton

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Gelar Liga 1 2022/2023 masih belum bisa dipastikan apakah akan bergulir kembali usai Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di pekan ke-11, Sabtu (1/10/2022).

Persija Jakarta, menjadi salah satu tim Liga 1 yang bersiap-siap di tengah ketidakpastian ini.

Namun, semua pihak juga berharap ada perubahan positif jika Liga 1 kembali digelar, termasuk pelatih Persija, Thomas Doll.

Pasca kejadian di Malang, pelatih berusia 56 tahun itu berharap semua pihak yang hadir di stadion saat pertandingan sepak bola bisa merasa lebih aman.

“Saya ingin para penggemar selalu ada, karena saya merasa mereka pantas masuk ke stadion dan menonton sepak bola lagi, karena sudah dua tahun tanpa sepak bola karena pandemi. Jadi saya pikir semuanya bisa kembali normal,” kata Doll. .

“Kita hanya perlu meningkatkan sistem keamanan agar lebih baik dan stadion agar semua penonton aman, semua sehat dan pulang dengan selamat,” lanjutnya.

Thomas Doll pun berharap gelar Liga 1 terus bergulir bersama penonton di stadion. Menurutnya, penonton memiliki peran penting dalam sepak bola.

“Sepak bola tanpa suporter menurut saya berbeda. Suasananya berbeda, sepakbola tanpa suporter seperti latihan. Tidak ada atmosfer (emosional) yang dirasakan semua pemain dan tim jika (suporter) menonton di televisi,” kata Doll.

“Tapi saya tidak tahu apakah regulasi itu akan ada pendukungnya atau tidak, tapi menurut saya levelnya biasa saja,” ujarnya.

Tak hanya soal dukungan emosional, mantan pelatih Borussia Dortmund itu juga menyinggung soal suporter yang berperan penting dalam kondisi keuangan klub.

Bahkan Thomas Doll mengaku juga pernah ditanyai oleh wartawan asing yang menanyakan nasib Liga 1 Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan.

“Karena saya merasa situasi keuangan setiap klub terpengaruh jika tidak ada pendukung. Karena klub memiliki pendukung yang membayar tiket (pertama), kemudian sponsor juga. Jadi semuanya terkait satu sama lain,” kata Doll.

“Media luar dari Italia dan Jerman juga menanyakan kapan liga 1 bisa dimulai lagi. Saya ingin semuanya kembali secepatnya dan berharap semua pemain Persija bisa bermain lagi,” harapnya.

(Tribunnews.com, Alfarizy AF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *