Pemerintah Tidak Bisa Terlibat!

oleh -10 Dilihat

Soccernesia.com -Mantap Pemerintah Tidak Bisa Terlibat!

Jakarta

PSSI dengan tegas menolak rekomendasi Tim Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) untuk segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Menurut PSSI, pemerintah tidak boleh mencampuri urusan internal PSSI.

“Tidak ada KLB. Tahun depan juga ada KLB. Sesuai jadwal saja. Karena yang berhak meminta KLB adalah anggota kita (pemilih). Pemerintah tidak bisa ikut campur,” kata Anggota Panitia Pelaksana (Exco ) Ahmad Riyadh kepada wartawan, dikutip dari detikSportKamis (20/10/2022).

TGIPF mengeluarkan rekomendasi Jumat lalu (14/10). Salah satu rekomendasi TGIPF adalah PSSI harus menggelar KLB untuk memilih Ketua Umum, Wakil Ketua dan jajaran anggota Exco.

Selain itu, TGIPF juga merekomendasikan Ketua Umum Mochamad Iriawan dan jajaran Exco untuk mengundurkan diri. Namun, menurut Ahmad Riyadh, PSSI memiliki langkah tersendiri yang akan diambil federasi.

“Pemerintah melalui Menpora Zainudin Amali sudah bicara. KLB itu urusan PSSI dan FIFA,” ujarnya.

Pernyataan Ahmad Riyadh mengacu pada pernyataan Menpora Zainudin Amali sebelumnya bahwa pemerintah harus berhati-hati untuk tidak ikut campur. Salah langkah, Indonesia bisa kena sanksi FIFA jika ada anggapan pemerintah campur tangan dengan PSSI.

Sedangkan untuk KLB, persiapannya memakan waktu lama. Setidaknya Panitia Pemilihan (KP) dan Panitia Banding Pemilihan (KBP) harus dibentuk sebelum menyelenggarakan KLB PSSI.

Ahmad Riyadh menganggapnya buang-buang waktu. KLB empat tahun juga dipastikan akan digelar tahun depan seiring dengan berakhirnya masa jabatan kepengurusan PSSI 2019-2023.

“Kalau anggota PSSI minta KLB besok, lusa, atau bulan depan harus dibicarakan dulu. Tidak bisa langsung. Karena ada tahapannya. Ada caranya, tapi tetap dari anggota. ,” kata Ahmad Riyad.

Lihat Rekomendasi TGIPF di halaman berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *