Piala Dunia: 100 Momen Luar Biasa, Gol Tangan Tuhan Diego Maradona (1)

oleh -17 Dilihat

Soccernesia.com – Piala Dunia: 100 Momen Luar Biasa, Gol Tangan Tuhan Diego Maradona (1)

Manado, DetikManado.com – Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar mulai 20 November 2022 dengan melibatkan 32 tim.

Diketahui, Piala Dunia pertama digelar tahun 1930 dengan Uruguay sebagai tuan rumah dan tampil sebagai juara.

Hampir seabad perhelatan sepakbola terbesar dunia berlangsung, ada sejumlah momen luar biasa yang terjadi.

Dilansir dari fifa.com, ada 100 momen luar biasa yang tercatat sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia. Yang paling spektakuler tentu saja gol dari tangan Tuhan Diego Maradona di Piala Dunia 1986.

Momen tersebut terjadi saat Argentina menang 2-1 atas Inggris pada perempat final Piala Dunia 1986 yang dimainkan di Estadio Azteca, Mexico City pada Minggu 22 Juni 1986.

Nomor 10 ikonik menerima bola di hadapan Peter Beardsley dan Peter Reid. Dalam sekejap mata, dia menjauh dari mereka berdua, melesat keluar dan menambah kecepatan saat dia melaju lebih dalam ke wilayah Inggris.

Maradona memotong ke dalam Terry Butcher dan kemudian melewati sesama bek tengah Terry Fenwick di tepi kotak, memantul melewati Peter Shilton saat ia berlari keluar dari garisnya sebelum memasukkan bola ke gawang Inggris, meskipun ada tekanan terakhir.

Pria hebat itu kembali ke Estadio Azteca tiga hari kemudian untuk semifinal bersama Belgia, ketika dia mencetak dua gol gemilang lagi.

Bertemu Jerman Barat, Maradona menang, membelah pertahanan terbuka bagi Jorge Burrachaga untuk balapan dan menggulung bola untuk memastikan kemenangan dramatis 3-2.

Hanya beberapa saat setelah gol ‘Tangan Tuhan’ yang terkenal yang membawa Argentina memimpin dan membuat marah skuad dan penggemar Inggris, Maradona membuat dunia berdiri sekali lagi.

Kali ini mereka bersatu dalam kekaguman setelah menyaksikan apa yang nantinya akan terpilih sebagai Gol Terbaik Piala Dunia FIFA Abad Ini.

Adidas Golden Ball diberikan kepada pemain terbaik di setiap final Piala Dunia FIFA. Mereka yang menjadi runner-up dalam pemungutan suara menerima penghargaan adidas Silver Ball dan Bronze Ball untuk pemain terbaik kedua dan ketiga di turnamen tersebut. (Joseph Ikanubun)

Cetak Ramah, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *