Piala Dunia 2022: Jepang Sang Penakluk Juara Dunia, Kroasia Perlu Waspada!

oleh -10 Dilihat

Soccernesia.com -Mantap Piala Dunia 2022: Jepang Sang Penakluk Juara Dunia, Kroasia Perlu Waspada!

soccernesia.com – Disadari atau tidak, timnas Jepang telah mengalahkan dua juara dunia saat bermain di fase grup Piala Dunia 2022.

Jepang sepertinya menjadi kekuatan dan harapan bagi Benua Asia untuk bisa berbicara banyak di ajang sepak bola setiap empat tahun sekali.

Hal itu terlihat dari kiprah mereka selama bermain di Grup E Piala Dunia 2022. Diikuti dua negara yang tak hanya difavoritkan lolos ke grup, tapi juga kandidat juara di Qatar.

Mereka adalah Jerman dan Spanyol yang di luar dugaan dipaksa takluk oleh Jepang dengan skor sama 2-1.

Saat undian Piala Dunia 2022 digelar April lalu, Grup E yang dihuni Jerman, Jepang, Spanyol, dan Kosta Rika itu langsung memunculkan banyak prediksi tim mana yang akan lolos ke babak penyisihan.

Jika dilihat di atas kertas, tidak hanya para pengamat sepak bola, tapi tentu banyak fans juga yang setuju bahwa Jerman dan Spanyol jauh lebih unggul dibanding Jepang dan Kosta Rika.

Uniknya, Jepang mampu membungkam anggapan tersebut. Di laga pertama, Tim Samurai Biru berhasil menang 2-1 atas Jerman.

Pada laga itu, mereka tertinggal lebih dulu lewat gol Ilkay Gundogan dari titik penalti pada menit ke-33.

Meski tertinggal, Jepang tidak menyerah. Sebaliknya, mereka semakin kuat dan berhasil mengembalikan kedudukan menjadi 2-1 dalam waktu delapan menit melalui gol Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takuma Asano pada menit ke-83.

Usai pertandingan, tentunya tak sedikit yang menganggap kemenangan Jepang sebagai sebuah kejutan, namun mereka dinilai hanya beruntung.

Apalagi di laga kedua mereka tumbang dari Kosta Rika dengan skor 0-1. Anggapan bahwa mereka hanya memenangkan hoki dan tidak akan lolos kembali terulang, apalagi di pertandingan final, Jepang menghadapi Spanyol.

Siapa sangka, lagi-lagi Jepang akan membungkam mereka yang menganggap enteng dengan menang atas Spanyol.

Setelah tertinggal melalui Alvaro Morata pada menit ke-12, Jepang tak menyerah begitu saja.

Mereka berhasil mengembalikan kedudukan menjadi 2-1 hanya dalam waktu tiga menit, melalui Doan di menit ke-48 dan Ao Tanaka di menit ke-51.

Hasil ini pun membuat Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan menduduki puncak klasemen Grup E.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *