Pisau Bermata Dua di Balik Jumlah Pencetak Gol Indonesia di Piala AFF

oleh -10 Dilihat

Soccernesia.com -Wow Pisau Bermata Dua di Balik Jumlah Pencetak Gol Indonesia di Piala AFF

Jakarta

Sepuluh gol yang dicetak Indonesia sejauh ini di Piala AFF 2022 berasal dari delapan pemain berbeda. Catatan di atas adalah pedang bermata dua bagi pasukan Shin Tae-yong.

Dari tiga pertandingan yang sudah dimainkan, Indonesia menjadi tim tersubur sepanjang turnamen (bersama Thailand) yakni 10 gol. Skuad Garuda juga menjadi tim dengan pencetak gol terbanyak yakni delapan pemain (sama dengan Vietnam).

Sepintas, ini sinyal positif bagi Indonesia. Lini depan timnas tetap tajam, siapapun yang bermain. Apalagi, dari delapan pencetak gol tersebut, semuanya berkarakter menyerang.

Tapi ada satu masalah yang perlu diperhatikan. Tujuh dari gol tersebut dicetak ke gawang Brunei, yang juga menjadi sumber gol tim lain. Sorotan justru mengarah pada penampilan melawan Kamboja dan Thailand.

Opta mencatat, Indonesia hanya mencetak dua gol dari 19 tembakan melawan Kamboja, dan hanya satu gol tercipta (melalui penalti) dari 10 percobaan melawan Thailand. Bahkan, Indonesia tampil lebih dominan.

Bahkan jika dilihat lebih jauh, pesta gol ke gawang Brunei baru terjadi saat lawan sudah bermain dengan 10 orang sejak akhir babak pertama. Saat itu, Indonesia ‘hanya’ mencetak tujuh gol meski telah melakukan 33 percobaan.

Total, Indonesia melakukan 62 percobaan dalam tiga pertandingan, dan mencetak 10 gol. Akurasi tembakan timnas hanya menembus 38,7 persen karena hanya 24 yang tepat sasaran.

Shin berkali-kali membuat pernyataan publik bahwa finishing Indonesia harus terus ditingkatkan dari waktu ke waktu jika ingin menjuarai Piala AFF 2022. Laga melawan Filipina akan menjadi kesempatan untuk menunjukkan peningkatan tersebut.

Jika Witan Sulaeman dkk mampu tampil lebih efisien di depan gawang, maka ini bisa menjadi modal berharga untuk tampil di fase knock out. Namun jika tidak, jalan Indonesia untuk menjadi juara akan semakin terjal.

Daftar pencetak gol Indonesia di Piala AFF 2022 (setelah tiga pertandingan):

2 gol

Egy Maulana Wikri
Marc Klok

1 gol

Witan Sulaiman
Syahrian Abimanyu
Dendy Sulistyawan
Ilia Spasojevic
Ramadhan Santana
Yakob Sayuri

(adp/aff)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *