PSSI Minta PT LIB Gelar RUPS

oleh -14 Dilihat

Soccernesia.com -Wow PSSI Minta PT LIB Gelar RUPS

Jakarta

PSSI bertanya PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS), terkait situasi Akhmad Hadian Lukita yang tersangkut masalah hukum.

“Exco Meeting juga meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) setelah proses hukum yang dialami Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita,” tulis keterangan resmi PSSI.

Permintaan telah diajukan PSSI dalam rapat Executive Committee (Exco), Jumat (28/10/2022). Rapat Exco juga memutuskan PSSI akan mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB).

Sementara itu, Lukita yang merupakan Direktur Utama PT LIB ditahan Polda Jatim terkait Tragedi Kanjuruhan, Senin (24/10). Ia ditahan setelah sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka, Kamis (6/10).

Selain Lukita, lima tersangka lainnya juga diamankan. Mereka adalah Ketua Panitia Pelaksana Arema Abdul Haris, Petugas Keamanan Arema Suko Sutrisno, Kepala Divisi Operasi Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Kapolsek Samapta Malang AKP Bambang Sidik Achmadi, dan Komandan Kompi Brimob Polda Jatim AKP Hasdarman .

Keenam orang tersebut dianggap bertanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan yang hingga kini telah menelan 135 korban jiwa. Sementara itu, Lukita masih memimpin Rapat Manajer Liga 1 sesaat setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Lukita, Abdul Haris, dan Suko Sutrisno dijerat dengan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 dan/atau Pasal 103 ayat (1) KUHP jo Pasal 52 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Olahraga. Kemudian tersangka dari Polri dikenakan Pasal 359 dan/atau Pasal 360 KUHP.

Sebelumnya, beberapa klub juga sudah meminta PT LIB untuk menggelar RUPS. Ada Persis Solo, Persebaya Surabaya, dan PSIS Semarang. Karena belum ada kepastian kapan Liga 1 akan digelar lagi, ditambah lagi pimpinan tertinggi LIB itu sudah ditahan karena tersandung masalah hukum.

(krs/yna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *