Rekomendasi Komnas Disabilitas Terkait Audit Stadion Pasca Tragedi Arema Kanjuruhan

oleh -9 Dilihat

Soccernesia.com – Berita Terbaru Seputar Sepakbola Nasional Rekomendasi Komnas Disabilitas Terkait Audit Stadion Pasca Tragedi Arema Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan Arema merupakan kerusuhan suporter sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober 2022. Tragedi ini mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan banyak yang luka-luka.

Pasca tragedi kemanusiaan di Kanjuruhan, Malang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk segera mengaudit stadion sepak bola di Tanah Air.

Perintah itu dikirim sebagai tanggapan Presiden Jokowi untuk memastikan keselamatan para penggemar sepak bola Indonesia. Tujuannya agar kedepannya tidak ada lagi tragedi kemanusiaan seperti yang terjadi di Kanjuruhan.

KND juga mendukung penuh langkah audit seluruh fasilitas dan kelayakan seluruh stadion sepak bola di Indonesia.

“Sebelumnya, atas nama KND, kami ingin menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada semua korban yang tewas atau terluka. Semoga keluarga besar Aremania diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah,” kata Dante.

Ia juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan korban luka berat yang saat ini dirawat di rumah sakit berpotensi menjadi penyandang disabilitas. Baik cacat fisik atau cacat mental jika tidak diberikan perawatan medis atau psikologis yang tepat.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada pemerintah untuk menjamin penanganan medis yang terbaik bagi seluruh korban, termasuk bantuan khusus bagi korban yang mengalami trauma berat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *