Risiko Liga 1 tanpa penerus PSM di Piala AFC jika tidak digulirkan lagi

oleh -48 Dilihat

Soccernesia.com -Mantap Risiko Liga 1 tanpa penerus PSM di Piala AFC jika tidak digulirkan lagi

Makassar

Liga 1 2022/2023 harus dilanjutkan. Persaingan tidak boleh berhenti di tengah jalan, karena akan mengancam Indonesia tanpa perwakilan untuk melanjutkan perjuangan PSM Makassar di Piala AFC.

“Jika Liga 1 dihentikan, berarti Indonesia harus siap terkena sanksi. Paling tidak dipastikan tidak akan ada wakil Indonesia di AFC nanti,” kata instruktur pelatih PSSI Hanafing kepada detikSulselMinggu (30/10/2022).

Perlu diketahui bahwa di Piala AFC 2022, PSM Makassar masuk dalam 6 besar klub terbaik di ASEAN versi Asean Football. PSM yang lolos ke babak final AFC ASEAN Zone 2022 menyumbang 5,16 poin untuk mendongkrak peringkat Indonesia di FIFA.

“Akan ada pengurangan poin (Indonesia) jika Liga 1 dihentikan. Artinya, poin yang diraih PSM di Piala AFC akan sia-sia,” jelasnya.

Mantan pelatih PSM itu menjelaskan, kualitas kompetisi Indonesia harus menunjukkan grafik peningkatan, bukan sebaliknya. Sebab, hal itu akan menentukan tiket klub-klub asal Indonesia di turnamen internasional.

“Ke depan wakil Indonesia harus mendapatkan tiket langsung ke Asian Champions, bukan melalui babak playoff lagi. Ini yang harus terus ditingkatkan, jangan mundur karena kompetisi sudah berhenti,” pungkasnya.

Diketahui, kompetisi Liga 1 2022/2023 dihentikan sementara akibat Tragedi Kanjuruhan. Kemudian Tim Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) mengeluarkan rekomendasi agar PSSI mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB) dengan harapan ada orang baru yang masuk federasi.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Pengurus Besar (Exco) diminta mundur karena alasan tanggung jawab moral. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena merupakan syarat bagi pemerintah untuk memberikan izin kompetisi sepak bola.

Sebenarnya, berdasarkan linimasa Dihimpun tim transformasi sepakbola Indonesia, Liga 1 dijadwalkan bergulir pada 25-26 November. Namun, sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari PSSI terkait kepastian waktu kompetisi.

Tonton video”Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin Tragedi Kanjuruhan
[Gambas:Video 20detik]
(atau/tahu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *