Ternyata ada pemain Persebaya yang tewas dalam Pertempuran 10 November 1945

oleh -7 Dilihat

Soccernesia.com -Mantap Ternyata ada pemain Persebaya yang tewas dalam Pertempuran 10 November 1945

Pemain Persebaya tahun 1930-an menjadi salah satu pahlawan yang gugur dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya

INDOSPORTS.COM – Dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, seluruh rakyat mengangkat senjata untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Salah satunya adalah pemain asal Persebaya Surabaya yang saat itu bernama Persebaja. Saat itu, 10 November 1945 kota Surabaya dibombardir pasukan Inggris dari darat, laut dan udara karena menuntut rakyat menyerahkan pembunuh Jenderal AWS Mallaby.

Namun, serangan Inggris tidak membuat Suroboyo menyerah. Melalui siaran radio, Bung Tomo berpidato untuk mengobarkan semangat rakyat mempertahankan kemerdekaan.

Berbagai elemen masyarakat mengangkat senjata melawan Inggris, salah satunya yang terpanggil untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah Soegiarto.

Soegiarto adalah bek Persebaya tahun 1930-an yang tergerak untuk berjuang mempertahankan Surabaya dari gempuran militer tentara Inggris.

Saat itu, Soegiarto yang menjadi bek andalan tim berjuluk Bajol Ijo itu mengganti sepatu bolanya dengan senjata untuk mempertahankan Surabaya dan kemerdekaan Indonesia.

Namun, dalam pertempuran itu Soegiarto gugur sebagai pahlawan yang berjasa mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Disebutkan, Soegiarto merupakan pemain andalan Persebaya sejak 1938. Ia kerap dimainkan untuk menjaga pertahanan.

Padahal, ia dan Persebaya pernah menjuarai putaran regional Jawa Timur saat itu. Namun, di partai final Union, Persebaya kalah di partai puncak dan harus puas menjadi runner up.

Pada masa penjajahan Jepang, Soegiarto ikut membela Persebaya dengan tampil di dua kompetisi. Pertama di Jakarta pada tahun 1942 dan di Solo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *