TGIPF Sebut PSSI dan PT LIB Belum Beri Santunan Korban Tragedi Kanjuruhan

oleh -22 Dilihat

JAKARTA, Soccernesia – Statemen mengejutkan disuarakan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). Dimana tim ini mengungkapkan jika PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum memberikan santunan apapun kepada korban Tragedi Kanjuruhan. Itu terlansir dalam investigasinya!

Laporan investigasi TGIPF sendiri telah diserahkan Presiden Jokowi. Laporan ini disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md selaku ketua TGIPF ke Jokowi pada Sabtu (15/10).

Dari laporan investigasi setebal 166 lembar ini, TGIPF merinci jumlah nominal santunan yang diberikan secara resmi kepada korban jiwa Tragedi Kanjuruhan. Laporan itu terbagi menjadi tiga poin a hingga c.

Pada poin pertama santunan berasal dari Pemerintah Pusat kepada korban meninggal dunia. Disebutkan setiap ahli waris korban mendapat santunan sebesar Rp 50 juta. Selain itu, santunan juga datang dari Pemprov Jatim dan Pemkab Malang serta Bank Jatim.

“Santunan dari Pemerintah Pusat untuk korban meninggal dunia sebesar Rp 50 juta. Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten masing-masing sebesar Rp 10 juta. Korban luka berat sebesar Rp 5 juta dan korban luka ringan sebesar Rp 2 juta,” demikian laporan TGIPF pada Jumat (28/10).

“Santunan yang diberikan Bank Jatim pada 70 keluarga ahli waris dengan jumlah santunan Rp 350 juta,” tambah keterangan laporan itu.

Dalam temuan TGIPF, Manajemen Arema FC juga turut memberikan santunan kepada korban meninggal dunia, luka berat dan ringan.

“Santunan dari Arema FC untuk korban meninggal dunia sebesar Rp 10 juta. Luka luka berat Rp 5 juta dan ringan Rp 2 juta,” terang laporan TGIPF.

Lalu pada poin c, TGIPF mengungkapkan PSSI dan PT LIB secara resmi belum memberikan santunan apapun. Hal ini sangat kontras, karena kedua pihak ini dianggap sebagai penyelenggara dan operator liga.

“Belum ada santunan dari PT LIB dan PSSI,” demikian bunyi singkat laporan TGIPF. (*/aff/sdc)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *