Tragedi Kanjuruhan Buka Borok Liga Indonesia, Saling Lempar Tanggung Jawab PSSI, PT LIB ke Penyiar

oleh -12 Dilihat

Soccernesia.com – Berita Terbaru Seputar Sepakbola Nasional Tragedi Kanjuruhan Buka Borok Liga Indonesia, Saling Lempar Tanggung Jawab PSSI, PT LIB ke Penyiar

SuaraMalang.id – Kekacauan penyelenggaraan Liga Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan 132 orang tewas usai laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (10/1/2022), terungkap.

Kekacauan manajemen liga memicu pengungkapan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Ketua Tim Gabungan Pencari Fakta Independen (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan mengatakan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) saling lempar tanggung jawab terkait Tragedi Kanjuruhan.

Ini adalah bukti bahwa organisasi liga sepak bola nasional agak kacau,” tulis Mahfud di akun Instagram pribadinya @mohmahfudmd dikutip Suara.com, Rabu (12/10/2022).

Baca juga:Tragedi Kanjuruhan: Polisi Segera Cek PSSI ke Indosiar

Saling lempar tanggung jawab antara federasi dan panitia penyelenggara pertandingan, Mahfud MD menilai, juga sangat berbahaya bagi masa depan sepak bola Indonesia, yang ditengarai karena kurangnya jaminan keamanan selama pertandingan sepak bola.

Berbahaya bagi dunia sepakbola kita. Nyawa manusia dipertaruhkan karena tidak ada jaminan keselamatan maksimal,” dia berkata.

Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan memberikan keterangan kepada wartawan dalam jumpa pers.  (Twitter/@bangsaonline)
Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan memberikan keterangan kepada wartawan dalam jumpa pers. (Twitter/@bangsaonline)

Hal senada juga diungkapkan Mahfud sebelumnya. Dalam kasus Tragedi Kanjuruhan, semua pihak yang terlibat dalam kebijakan pengelolaan Liga Indonesia saling lempar tanggung jawab.

“Ya itu yang kita rasakan sekarang ada lempar tanggung jawab. PSSI bilang sudah ke LIB. LIB sudah ke panitia pelaksana. Kemudian panitia pelaksana juga membuat macam-macam,” kata Mahfud kepada wartawan, Rabu (12/12). /10/2022).

Tak hanya itu, Indosiar selaku pemegang hak siar pertandingan Arema FC vs Persebaya, yang juga disebut Mahfud, juga melakukan hal yang sama.

Baca juga:PSSI Bantah Tidak Terlibat Kerjasama Transformasi Sepak Bola Indonesia oleh Pemerintah dan FIFA

Menurutnya, setiap pihak yang dianggap bertanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan kini bersembunyi di balik aturan formalitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *