U-20 harus memperkuat pressing terhadap lawan saat kehilangan bola

oleh -48 Dilihat

Soccernesia.com – U-20 harus memperkuat pressing terhadap lawan saat kehilangan bola

gambar_pdfgambar_cetak

Realitarakyat.com – Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan, pasukannya harus memperkuat guarding atau menekan lawan saat kehilangan bola dalam sebuah pertandingan.

“Kelemahan saat ini adalah ketika mereka kehilangan bola, mereka suka berdiri diam. Pemain kami harus menekan agar lawan tidak mendapat peluang bagus atau melakukan serangan balik,” kata Shin, yang diunggah di situs PSSI, Selasa (25/10).

Menurut ahli taktik asal Korea Selatan itu, kekurangan itu terlihat saat timnya menang 2-1 atas klub lokal Cakallikli Spor dalam laga persahabatan di Antalya, Turki, Senin (24/10).

Meski mampu mengalahkan lawannya, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan dinilai tak bisa merebut bola dengan cepat.

Hal ini membuat lawan lebih leluasa membangun serangan ke pertahanan Indonesia.

“Itu harus diperbaiki secara perlahan, termasuk kelemahan lainnya,” kata Shin.

Namun, secara keseluruhan, Shin menilai timnya sudah bermain bagus. Kondisi fisik para pemain sudah membaik dan dianggap lebih stabil dari segi kemampuan dasar.

Mentalitas timnas U-20 juga tak goyah meski Cakallikli Spor diperkuat pemain yang lebih tua.

“Bisa dibilang tim lawan lemah, tapi mereka masih tim senior. Jadi, secara keseluruhan, pertandingan berjalan cukup baik,” kata Shin.

Dua gol Indonesia ke gawang Cakallikli Spor dicetak oleh Ginanjar Wahyu pada menit ke-17 dan Ricky Pratama pada menit ke-85. Lawan baru bisa memperkecil kedudukan di menit ke-90.

Laga persahabatan itu digelar di sela-sela pemusatan latihan (TC) timnas U-20 di Turki.

Timnas U-20 dijadwalkan berlatih dan try out di Turki dan Spanyol selama dua bulan untuk persiapan Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

TC di Turki akan diadakan hingga 4 November 2022. Setelah itu, TC akan dilanjutkan di Spanyol hingga 4 Desember 2022.

Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret tahun depan di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni tahun depan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *