UEFA memberikan sanksi kepada Celtic atas spanduk yang menghina Ratu Elizabeth II

oleh -14 Dilihat

Soccernesia.com – Berita Terbaru Seputar Sepakbola Nasional UEFA memberikan sanksi kepada Celtic atas spanduk yang menghina Ratu Elizabeth II

Nyon

Penggemar Celtic menampilkan spanduk yang menghina mendiang Ratu Elizabeth II selama pertandingan Liga Champions. UEFA juga menjatuhkan sanksi atas tindakan tersebut.

Spanduk provokatif itu dikibarkan fans Celtic pada laga Grup F Liga Champions 2022/2023 melawan Shakhtar Donetsk di Warsawa, Polandia, 14 September lalu. Laga tersebut digelar dalam masa berkabung atas meninggalnya pemimpin Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II.

Penggemar Celtic membawa dua spanduk bertuliskan ‘Fuck the Kingdom’ dan ‘Sorry to Lose You Michael Fagan’. Fagan adalah penyusup yang berhasil menyelinap dua kali ke Istana Buckingham dan memasuki kamar Ratu Elizabeth II pada tahun 1982.

Mayoritas penggemar Celtic menolak monarki Inggris. Kebanyakan dari mereka adalah Partai Republik yang mendukung kemerdekaan Irlandia dan Skotlandia.

Aksi suporter Celtic itu memicu kemarahan pendukung kerajaan di Inggris Raya. Fans klub Skotlandia itu dinilai tidak menghormati Ratu Elizabeth II.

Spanduk anti-Inggris dari penggemar Celtic juga mengakibatkan sanksi UEFA. Mengutip Surat harianFederasi sepak bola Eropa memberikan denda 15 ribu euro (Rp 224 juta) atas aksi ini.

Badan kontrol, etika, dan disiplin UEFA mengatakan apa yang ditunjukkan pada spanduk penggemar Celtic adalah ‘pesan yang tidak cocok untuk acara olahraga’.

Sikap yang diperlihatkan fans Celtic ini bertolak belakang dengan rivalnya, Rangers. Penggemar Rangers memberikan penghormatan khusus kepada Ratu Elizabeth II.

Fans Rangers mengheningkan cipta sebelum pertandingan melawan Napoli di Ibrox Stadium. Mereka juga membuat koreografi Ratu Elizabeth II dengan bendera Union Jack di salah satu tribun.

Sepak Bola - Liga Champions - Grup A - Rangers v Napoli - Ibrox, Glasgow, Skotlandia, Inggris - 14 September 2022 Fans mengibarkan bendera Union di tribun sebelum pertandingan menyusul kematian Ratu Elizabeth Inggris Action Images via Reuters/Lee SmithFans Rangers memberi hormat kepada Ratu Elizabeth II dalam pertandingan Liga Champions. (Foto: Gambar Aksi via Reuters/LEE SMITH)

(teluk/mentah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *